BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dunia
pendidikan merupakan sarana prasarana pembentuk anak nusantara penerus generasi
bangsa Indonesia. Buku merupakan komponen penting sebagai media pembelajaran
guru untuk menyampaikan segala sesuatu tentang pendidikan kepada anak didiknya.
Dalam era globalisasi ini wajibnya sebagai guru dapat lebih kritis bukan krisis
terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia ini. Semakin lengkapnya media
pembelajaran, semakin sigaplah pendidik untuk melakukan hal yang
efektif,inovatif, dan kreatif dalam membimbing, mengarahkan, dan mendidik
peserta didik terutama murid sekolah dasar yang lebih cenderung mudah bosan
dengan pembelajaran yang monoton.
B.
Rumusan
masalah
1. Bagaimana hasil analisis buku pertama?
2. Bagaimana hasil analisis buku kedua?
3. Bagaimana hasil perbandingan dari
kedua buku tersebut?
C.
Tujuan
1. Mengetahui hasil analisis buku
pertama.
2. Mengetahui hasil analisis buku kedua.
3.
Mengetahui
perbedaan kedua buku tersebut dan dapat mengidentifikasi buku mana yang layak
untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
BAB
II
ANALISIS
BUKU
A.
Analisis
Buku Pertama
Buku pertama dengan judul “
Pendidikan Kewarganegaraan 6”, untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Kelas 6 VI. Yang ditulis oleh Ressi Kartika Dewi, Sunny Ummul Firdaus,
Wahyuningrum Widayati, dan diterbitkan oleh Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
Sampul
depan atau cover menggambarkan situasi aktivitas anak sekolah dasar dalam
bidang ektrakulikuler. Ditulis dengan tulisan yang jelas, dengan gambar, dan
warna yang menarik. Di dalam buku tersebut ditulis dengan secara ringkas dan
terdapat gambar penjelasan materi yang ingin disampaikan, selain itu terdapat
peta konsep, ringkasan, Glosarium, Latihan Soal, Tugas.
Untuk lebih jelasnnya akan kita
uraikan di bawah ini :
1.
Identitas
Buku:
Judul buku : Pendidikan Kewarganegaraan 6
Penulis : Ressi Kartika Dewi, Sunny
Ummul Firdaus,Wahyuningrum Widayati.
Penerbit : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
Ukuran buku : 17,6
x 25 cm.
Tebal Buku : 70 hlm.
Harga : Rp4.842,00
2.
Jumlah
Kompetensi Dasar
a.
Pengetahuan
kewarganegaraan: 35%
b.
Ketrampilan
kewarganegaraan: 35%
c.
Sikap
kewarganegaraan: 30%
1.
Sistematika
Buku:
a.
Desain
sampul buku . Menarik karena telah
disertakan gambar-gambar kegiatan ekstrakulikuler dan perlombaan siswa dalam
acara-acara tertentu.
b.
Ada
identitas buku
yang meliputi: sampul buku, nama-nama penyusun
buku dan penerbit, kata sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan, kata
pengantar yang ditulis oleh penulis.
c.
Adanya
daftar isi
Yang menjelaskan materi apa saja yang
akan dibahas.
d.
Adanya
Glosarium
Merupakan daftar kata yang terlampir
di setiap akhir pelajaran dengan penjelasannya. Glosarium dijadikan pegangan
atau kamus bagi siswa/siswi dalam mempelajari materi yang bersangkutan.
e.
Terdapat
“ringkasan”
Merupakan ringkasan setiap
masing-masing pokok bahasan pada setiap Bab pembelajaran.
f.
Adanya
“latihan soal”
Pada setiap akhir pelajaran disajikan
latihan soal agar siswa-siswi dapat mengukur kemampuannya dalam memahami dan
menguasai pelajaran.
g.
Adanya
“ rubrik tugas”
Siswa-siswi diberikan tugas untuk menganalisis
lingkungan yang ada di sekitar.
h.
Terdapat
daftar pustaka.
Merupakan sumber-sumber yang dipakai
untuk referensi buku.
2.
Kelebihan
Buku:
a.
Sampul
buku menarik sesuai dengan judul.
b.
Adanya
identitas buku yang lengkap.
c.
Terdapat
daftar isi.
d.
Di
setiap awal pelajaran disajikan peta konsep yang akan dipelajari.
e.
Adanya
Glosarium. Sebagai kamus atau pegangan bagi siswa.
f.
Terdapat
ringkasan setiap akhir pelajaran. Yang merupakan ringkasan materi dari Bab
tersebut.
g.
Adanya
Latihan Soal. Yang digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menangkap /
memahami pelajaran.
h.
Adanya
tugas. Berisi analisis kasus yang terjadi di lingkungan sekitar.
i.
Terdapat
daftar pustaka.
j.
Terdapat
tulisan dan gambar yang berwarna. Sehingga tidak membosankan. Gambar di ambil
sesuai dengan tema yang akan dibahas.
k.
Terdapat
evaluasi akhir tahun.
l.
Tulisan
di tulis dengan tulisan menarik.
3.
Kelemahan
Buku
a.
Tidak
terdapat standar kompentensi.
b.
Tidak
adanya Indeks.
c.
Tidak
adanya kompetensi dasar.
d.
Tidak
adanya tata cara penggunaan buku.
A.
Analisis
Buku Kedua
Buku kedua dengan judul “ Wahana
Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”, untuk Sekolah Dasar dan Madrasah
Ibtidaiyah Kelas VI. Yang ditulis oleh Halili, Dwi Sunu Prioko, penerbit dari
CV.Haka MJ, dan diterbitkan oleh Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
Sampul
depan atau cover menggambarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Ditulis dengan
tulisan yang jelas, dengan gambar, dan warna yang menarik. Di dalam buku terdapat
petunjuk penggunaan buku, tujuan pembelajaran, peta konsep, kata kunci, renungan,
ilustrasi, ayo beryanyi, sekilas info, jago berfikir, jago berlatih, ayo
bermain, sebaiknya kamu biasakan, rangkuman, uji kompetensi, aktivitasmu,
latihan ulangan umum semester, glosarium, indeks. Untuk lebih jelasnnya akan
kita uraikan di bawah ini :
4.
Identitas
Buku:
Judul buku : Wahana Belajar Pendidikan
Kewarganegaraan
Penulis : Halili, Dwi Sunu Prioko
Penerbit : CV. HaKa MJ, Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
Ukuran buku : 17,6 x 25 cm
Tebal Buku : 136 hlm
Harga : Rp 9.116,-
5.
Jumlah
Kompetensi Dasar
a.
Pengetahuan
kewarganegaraan: 35%
b.
Ketrampilan
kewarganegaraan: 40%
c.
Sikap
kewarganegaraan: 25%
6.
Sistematika
Buku:
a.
Desain
sampul buku:
Adanya gambar orang-orang berpakaian
adat Indonesia dan memegang bendera merah putih.
b.
Ada
identitas buku
yang meliputi: sampul buku, nama-nama penyusun
buku dan penerbit, kata sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan, kata
pengantar yang ditulis oleh penulis.
c.
Adanya
kata sambutan, kata pengantar,pendahuluan.
d.
Adanya
petunjuk pengguanaan buku. yang berisi aspek-aspek di buku tersebut.
e.
Adanya daftar isi
Yang menjelaskan materi apa saja yang
akan dibahas.
f.
Di
awal Bab terdapat tujuan pembelajaran. Yang merupakan tujuan awal yang akan
diraih siswa setelah mempelajari materi tersebut.
g.
Adanya
peta konsep berisi garis besar isi bab.
h.
Kata
kunci yang merupakan kata-kata yang menjadi kunci konsep Bab-bab tesebut.
i.
Terdapat
renungan yang merupakan persepsi atau pengantar memasuki materi dalam bab
tersebut. Renungan membuat siswa mengenal secara dekat materi yang akan
dipelajari.
j.
Ilustrasi
yang merupakan gambar yang akan mempermudah siswa dalam memahami materi.
k.
Ayo
bernyanyi berisi lagu-lagu yang dapat dinyanyikan yang berhubungan dengan
materi yang dipelajari.
l.
Sekilas
info yang berisi informasi terbaru berkaitan dengan materi.
m.
Jago
berfikir. Berisi masalah-masalah yang
akan melatih siswa untuk memecahkannya.
n.
Jago
berlatih. Yang berisi aktivitas agar siswa menguasai materi yang sedang
dipelajari.
o.
Ayo
bermain. Yang berisi permainan yang menarik dan bermanfaat.
p.
Sebaiknya
kamu biasakan. Yang berisi kesimpulan sikap yang dapat dibiasakan siswa dalam
kehidupan sehari-hari.
q.
Rangkuman.
Yang berisi kesimpulan secara menyeluruh menganai pengetahuan dari bab yang
bersangkutan.
r.
Uji
kompetensi. Yang berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur
kemampuan siswa dalam menguasai materi.
s.
Aktivitasmu.
Berisi aktivitas yang dapat dilakukan siswa dalam menguji kemampuan.
t.
Latihan
ulangan umum semester. Berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur
kemampuan siswa dalam menguasai materi dalam satu semester.
u.
Daftar
pustaka. Berisi daftar buku-buku acuan yang digunakan.
v.
Adanya
Glosarium.berisi kata-kata sulit berserta artinya.
w.
Indeks.
Merupakan kata-kata penting serta halaman kemunculannya.
7.
Kelebihan
Buku:
a.
Desain
sampul buku:
Adanya gambar orang-orang berpakaian
adat Indonesia dan memegang bendera merah putih.
b.
Ada
identitas buku
yang meliputi: sampul buku, nama-nama penyusun
buku dan penerbit, kata sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan, kata
pengantar yang ditulis oleh penulis.
c.
Adanya
kata sambutan, kata pengantar,pendahuluan.
d.
Adanya
petunjuk pengguanaan buku. yang berisi aspek-aspek di buku tersebut.
e.
Adanya daftar isi
Yang menjelaskan materi apa saja yang
akan dibahas.
f.
Di
awal Bab terdapat tujuan pembelajaran. Yang merupakan tujuan awal yang akan
diraih siswa setelah mempelajari materi tersebut.
g.
Adanya
peta konsep berisi garis besar isi bab.
h.
Kata
kunci yang merupakan kata-kata yang menjadi kunci konsep Bab-bab tesebut.
i.
Terdapat
renungan yang merupakan persepsi atau pengantar memasuki materi dalam bab
tersebut. Renungan membuat siswa mengenal secara dekat materi yang akan
dipelajari.
j.
Ilustrasi
yang merupakan gambar yang akan mempermudah siswa dalam memahami materi.
k.
Ayo
bernyanyi berisi lagu-lagu yang dapat dinyanyikan yang berhubungan dengan
materi yang dipelajari.
l.
Sekilas
info yang berisi informasi terbaru berkaitan dengan materi.
m.
Jago
berfikir. Berisi masalah-masalah yang
akan melatih siswa untuk memecahkannya.
n.
Jago
berlatih. Yang berisi aktivitas agar siswa menguasai materi yang sedang
dipelajari.
o.
Ayo
bermain. Yang berisi permainan yang menarik dan bermanfaat.
p.
Sebaiknya
kamu biasakan. Yang berisi kesimpulan sikap yang dapat dibiasakan siswa dalam
kehidupan sehari-hari.
q.
Rangkuman.
Yang berisi kesimpulan secara menyeluruh menganai pengetahuan dari bab yang
bersangkutan.
r.
Uji
kompetensi. Yang berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur
kemampuan siswa dalam menguasai materi.
s.
Aktivitasmu.
Berisi aktivitas yang dapat dilakukan siswa dalam menguji kemampuan.
t.
Latihan
ulangan umum semester. Berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur
kemampuan siswa dalam menguasai materi dalam satu semester.
u.
Daftar
pustaka. Berisi daftar buku-buku acuan yang digunakan.
v.
Adanya
Glosarium.berisi kata-kata sulit berserta artinya.
w.
Indeks.
Merupakan kata-kata penting serta halaman kemunculannya.
x.
Buku
berwarna Full colour, banyak gambar-gambar yang menarik.
8.
Kelemahan
Buku
a.
Tidak
terdapat standar kompetensi.
b.
Tidak
adanya kompetensi dasar.
c.
Sampul
buku warna terlalu monoton.
B.
Perbandingan
Antara Kedua Buku
Sebagai
calon guru SD ada baiknya memilih atau menyeleksi terlebih dahulu buku yang
akan digunakan untuk mengajar disesuaikan dengan standar kompentensi dan
kompetensi dasar yang berlaku. Sehingga kita dapat terhindar dari buku yang
tidak layak sebagai sumber pembelajaran.
Hasil
analisis dari buku pertama secara keseluruhan dari sampul depan sangat menarik
karena terdapat gambar-gambar aktivitas siswa dan menggunakan warna yang full
colour. Kelemahan buku pertama lebih banyak dibandingkan dengan buku kedua.
Misalnya: tidak terdapat cara penggunaan buku, tidak adanya rubrik- rubrik yang
menarik.
Hasil
analisis buku kedua materi lebih lengkap dari buku pertama, terdapat aneka
ragam rubrik dan disertai ilustrasi yang menarik. Disertai cara penggunaan
buku. kelemahan buku kedua terdapat pada sampul buku karena cenderung tidak
menarik dan monoton. Warna gambar hanya didominasi warna orange.
BAB
III
KESIMPULAN
Hasil
analisis dari buku pertama secara keseluruhan dari sampul depan sangat menarik
karena terdapat gambar-gambar aktivitas siswa dan menggunakan warna yang full
colour. Kelemahan buku pertama lebih banyak dibandingkan dengan buku kedua.
Misalnya: tidak terdapat cara penggunaan buku, tidak adanya rubrik- rubrik yang
menarik.
Hasil analisis buku kedua materi
lebih lengkap dari buku pertama, terdapat aneka ragam rubrik dan disertai
ilustrasi yang menarik. Disertai cara penggunaan buku. kelemahan buku kedua
terdapat pada sampul buku karena cenderung tidak menarik dan monoton. Warna
gambar hanya didominasi warna orange.
SARAN
Sebagai calon guru SD ada baiknya
memilih atau menyeleksi terlebih dahulu buku yang akan digunakan untuk mengajar
disesuaikan dengan standar kompentensi dan kompetensi dasar yang berlaku.
Sehingga kita dapat terhindar dari buku yang tidak layak sebagai sumber
pembelajaran.
Makasih Mbak atas review dan komparasinya. Sekedar klarifikasi, term SK dan KD kami sederhanakan menjadi tujuan pembelajaran, jadi bukan tidak ada. Thanks.
BalasHapusHalili,
Penulis buku tersebut
terimakasih atas komentar yang diberikan dari Saudara Halili, menjadi periksa untuk Saya.
Hapus