Selasa, 01 Januari 2013

PERUPA WARNAI FESTIVAL KESENIAN GUNUNGKIDUL

Wonosari ( Sorot Gunungkidul)
Berbagai hasil karya dari para seniman se-Kabupaten Gunungkidul dipamerkan dalam festival Kesenian Gunungkidul (FKG) yang diselengarakan di komplek Bale Desa, Desa Karang Rejek, Wonosari  20-25 November 2012. Karya seni lukis dan patung hasil karya seniman Gunungkidul yang tergabung dalam (IPG) Ikatan Perupa Gunungkidul ini diikuti oleh 17 Seniman dari berbagai alur dan latar belakang seni yang berbeda.
Stan pameran dengan jumlah karya lebih dari 100 karya ini tampak dipadati pengunjung pada hari ke dua pelaksanaan Festival Kesenian Gunungkidul Rabu (21/11) malam. Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari unsur seniman melainkan dari berbagai kalangan masyarakat yang hedak menyaksikan langsung hasil karya dari perupa se-Kabupaten Gunungkidu tersebut.
Pameran seni rupa yang di adakan oleh komunitas Perupa Gunungkidul ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya pernah digelar pameran serupa pada bulan April 2012 yang bertempat di Bangsal Sewoko Projo Gunungkidul.
 Ketua Ikatan Perupa Gunungkidul  Herlan Susanto SAE mengatakan, ‘’Digelarnya pameran seni rupa merupakan salah satu upaya menyadarkan pemerintah bahwa kesenian tidak hanya itu-itu saja , Seni Rupa juga merupakan salah satu seni yang membutuhkan apresiasi dan dukungan dari pemerintah.’’
“Tahun depan sekitar bulan Januari kita juga akan mengadakan pameran seni rupa di Yogyakrta, ini juga merupakan langkah awal kami mengangkat nama Gunungkidul.” Ujarnya. Simbol seorang seniman adalah hasil karya, untuk menjaga eksistensi dikalangan perupa gunungkidul setiap anggota di wajibkan memiliki satu karya dalam satu tahun.
Acara pameran dalam rangka Festival Kesenian Gunungkidul ini rencananya akan di tutup dengan diadakanya lomba Melukis untuk pelajar Sekolah dasar dan mewarnai untuk taman kanak-kanak.(why)
referensi: http://www.sorotgunungkidul.com/2012/11/perupa-warnai-festival-kesenian.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar