Senin, 17 Desember 2012

NARASI

FABEL(CERITA ANAK)

Harimau dan Kera

          Pada suatu hari sang kera dan teman-temannya pergi mengungsi mencari hutan untuk tempat tinggal mereka. Karena hutan yang dihuninya mengalami kebakaran. Mereka mencari hutan yang banyak buah-buahan dan yang rimbun. Akhirnya mereka mendapatkan tempat tinggal di hutan yang bernama hutan borneo.
Sudah dua hari mereka tinggal di hutan borneo dan sang kera pun mulai berjelajah mencari makan. Ketika ia akan mengambil buah-buahan. Tiba- tiba datanglah seekor harimau.
“ hai siapa kau?” tanya harimau dengan wajahnya yang seram.
“ aku kera dari gunung Huako.” jawab kera.
“ sedang apa kau di situ? Tidak kah kau tahu siapa aku?” harimau kembali bertanya.
“ tentu saja tidak. Siapa kau ? Kenapa aku harus tahu?” tanya kera sambil mengambil buah-buahan yang akan dimakannya.
“ aku adalah raja di hutan borneo ini. Berani-beraninya kau mengambil makanan tanpa seizinku.” harimau mulai marah dan mulai menunjukan taringnya.
“oooo...kau adalah raja di hutan ini. Bagaimana kalau kita bersahabat saja?” tawaran kera kepada harimau.
“ o tidak bisa. Aku tidak akan mau berteman dengan seekor kera. Boleh-boleh saja kau tinggal di tempat ini. Tetapi, dengan syarat kau harus mencari kelinci untuk santapanku. Kalau tidak kau ganti dengan anak-anakmu.” ucap harimau.
“ baiklah tetapi beri aku waktu tiga hari agar aku dapat mengumpulkan kelinci yang banyak.” kera mencoba merayu harimau.
          Harimau menyetujui apa yang diucapkan kera kepadanya. Lalu kera pergi, kera menemui teman-temannya. Si kera menceritakan semuanya kepada  teman-temannya. Kera tidak mencari kelinci untuk harimau. Namun, malah memberi tahu para kelinci agar berhati-hati dan bersatu bersama kera untuk melawan harimau. Hari ketiga sesuai dengan janji harimau dan kera. Akhirnya mereka bertemu kembali dengan membawa banyak kelinci. Tetapi, sang kera tahu gelagat harimau lapar dan tidak punya tenaga. Diajaklah sang harimau tersebut untuk berdamai. Tetapi, harimau tidak mau. Sang harimau marah. Jadilah pertarungan antara harimau dan kera dibantu oleh para kelinci. Akhirnya harimau pun kalah. Harimau, kera, dan kelinci kemudian hidup berdamai.(Ninda Ayu)

1 komentar: