Senin, 17 Desember 2012

Makalah Analisis Buku

Makalah Analisis Buku PKN SD Kelas 6 SD


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Dunia pendidikan merupakan sarana prasarana pembentuk anak nusantara penerus generasi bangsa Indonesia. Buku merupakan komponen penting sebagai media pembelajaran guru untuk menyampaikan segala sesuatu tentang pendidikan kepada anak didiknya. Dalam era globalisasi ini wajibnya sebagai guru dapat lebih kritis bukan krisis terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia ini. Semakin lengkapnya media pembelajaran, semakin sigaplah pendidik untuk melakukan hal yang efektif,inovatif, dan kreatif dalam membimbing, mengarahkan, dan mendidik peserta didik terutama murid sekolah dasar yang lebih cenderung mudah bosan dengan pembelajaran yang monoton.
B.    Rumusan masalah
1.    Bagaimana hasil analisis buku pertama?
2.    Bagaimana hasil analisis buku kedua?
3.    Bagaimana hasil perbandingan dari kedua buku tersebut?
C.   Tujuan
1.    Mengetahui hasil analisis buku pertama.
2.    Mengetahui hasil analisis buku kedua.
3.    Mengetahui perbedaan kedua buku tersebut dan dapat mengidentifikasi buku mana yang layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

BAB II
ANALISIS BUKU
A.    Analisis Buku Pertama
            Buku pertama dengan judul “ Pendidikan Kewarganegaraan 6”, untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas 6 VI. Yang ditulis oleh Ressi Kartika Dewi, Sunny Ummul Firdaus, Wahyuningrum Widayati, dan diterbitkan oleh Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
            Sampul depan atau cover menggambarkan situasi aktivitas anak sekolah dasar dalam bidang ektrakulikuler. Ditulis dengan tulisan yang jelas, dengan gambar, dan warna yang menarik. Di dalam buku tersebut ditulis dengan secara ringkas dan terdapat gambar penjelasan materi yang ingin disampaikan, selain itu terdapat peta konsep, ringkasan, Glosarium, Latihan Soal, Tugas.
Untuk lebih jelasnnya akan kita uraikan di bawah ini :
1.    Identitas Buku:
Judul buku            : Pendidikan  Kewarganegaraan 6
Penulis                  : Ressi Kartika Dewi, Sunny Ummul Firdaus,Wahyuningrum Widayati.
Penerbit                 : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Ukuran buku         : 17,6 x 25 cm.
Tebal Buku            : 70 hlm.
Harga                    : Rp4.842,00
2.    Jumlah Kompetensi Dasar
a.    Pengetahuan kewarganegaraan: 35%
b.    Ketrampilan kewarganegaraan: 35%
c.    Sikap kewarganegaraan: 30%




1.    Sistematika Buku:
a.    Desain sampul buku . Menarik  karena telah disertakan gambar-gambar kegiatan ekstrakulikuler dan perlombaan siswa dalam acara-acara tertentu.
b.    Ada identitas buku
 yang meliputi: sampul buku, nama-nama penyusun buku dan penerbit, kata sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan, kata pengantar yang ditulis oleh penulis.
c.    Adanya daftar isi
Yang menjelaskan materi apa saja yang akan dibahas.
d.    Adanya Glosarium
Merupakan daftar kata yang terlampir di setiap akhir pelajaran dengan penjelasannya. Glosarium dijadikan pegangan atau kamus bagi siswa/siswi dalam mempelajari materi yang bersangkutan.
e.    Terdapat “ringkasan”
Merupakan ringkasan setiap masing-masing pokok bahasan pada setiap Bab pembelajaran.
f.     Adanya “latihan soal”
Pada setiap akhir pelajaran disajikan latihan soal agar siswa-siswi dapat mengukur kemampuannya dalam memahami dan menguasai pelajaran.
g.    Adanya “ rubrik tugas”
Siswa-siswi diberikan tugas untuk menganalisis lingkungan yang ada di sekitar.
h.    Terdapat daftar pustaka.
Merupakan sumber-sumber yang dipakai untuk referensi buku.
2.    Kelebihan Buku:
a.    Sampul buku menarik sesuai dengan judul.
b.    Adanya identitas buku yang lengkap.
c.    Terdapat daftar isi.
d.    Di setiap awal pelajaran disajikan peta konsep yang akan dipelajari.
e.    Adanya Glosarium. Sebagai kamus atau pegangan bagi siswa.
f.     Terdapat ringkasan setiap akhir pelajaran. Yang merupakan ringkasan materi dari Bab tersebut.
g.    Adanya Latihan Soal. Yang digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menangkap / memahami pelajaran.
h.    Adanya tugas. Berisi analisis kasus yang terjadi di lingkungan sekitar.
i.      Terdapat daftar pustaka.
j.      Terdapat tulisan dan gambar yang berwarna. Sehingga tidak membosankan. Gambar di ambil sesuai dengan tema yang akan dibahas.
k.    Terdapat evaluasi akhir tahun.
l.      Tulisan di tulis dengan tulisan menarik.
3.    Kelemahan Buku
a.    Tidak terdapat standar kompentensi.
b.    Tidak adanya Indeks.
c.    Tidak adanya kompetensi dasar.
d.    Tidak adanya tata cara penggunaan buku.
A.            Analisis Buku Kedua
            Buku kedua dengan judul “ Wahana Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”, untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Yang ditulis oleh Halili, Dwi Sunu Prioko, penerbit dari CV.Haka MJ, dan diterbitkan oleh Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
            Sampul depan atau cover menggambarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Ditulis dengan tulisan yang jelas, dengan gambar, dan warna yang menarik. Di dalam buku terdapat petunjuk penggunaan buku, tujuan pembelajaran, peta konsep, kata kunci, renungan, ilustrasi, ayo beryanyi, sekilas info, jago berfikir, jago berlatih, ayo bermain, sebaiknya kamu biasakan, rangkuman, uji kompetensi, aktivitasmu, latihan ulangan umum semester, glosarium, indeks. Untuk lebih jelasnnya akan kita uraikan di bawah ini :
4.    Identitas Buku:
Judul buku            : Wahana Belajar Pendidikan Kewarganegaraan
Penulis                  : Halili, Dwi Sunu Prioko
Penerbit                 : CV. HaKa MJ, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Ukuran buku         : 17,6 x 25 cm
Tebal Buku            : 136 hlm
Harga                    : Rp 9.116,-
5.    Jumlah Kompetensi Dasar
a.    Pengetahuan kewarganegaraan: 35%
b.    Ketrampilan kewarganegaraan: 40%
c.    Sikap kewarganegaraan: 25%
6.    Sistematika Buku:
a.    Desain sampul buku:
Adanya gambar orang-orang berpakaian adat Indonesia dan memegang bendera merah putih.
b.    Ada identitas buku
 yang meliputi: sampul buku, nama-nama penyusun buku dan penerbit, kata sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan, kata pengantar yang ditulis oleh penulis.
c.    Adanya kata sambutan, kata pengantar,pendahuluan.
d.    Adanya petunjuk pengguanaan buku. yang berisi aspek-aspek di buku tersebut.
e.     Adanya daftar isi
Yang menjelaskan materi apa saja yang akan dibahas.
f.     Di awal Bab terdapat tujuan pembelajaran. Yang merupakan tujuan awal yang akan diraih siswa setelah mempelajari materi tersebut.
g.    Adanya peta konsep berisi garis besar isi bab.
h.    Kata kunci yang merupakan kata-kata yang menjadi kunci konsep Bab-bab tesebut.
i.      Terdapat renungan yang merupakan persepsi atau pengantar memasuki materi dalam bab tersebut. Renungan membuat siswa mengenal secara dekat materi yang akan dipelajari.
j.      Ilustrasi yang merupakan gambar yang akan mempermudah siswa dalam memahami materi.
k.    Ayo bernyanyi berisi lagu-lagu yang dapat dinyanyikan yang berhubungan dengan materi yang dipelajari.
l.      Sekilas info yang berisi informasi terbaru berkaitan dengan materi.
m.   Jago berfikir. Berisi masalah-masalah  yang akan melatih siswa untuk memecahkannya.
n.    Jago berlatih. Yang berisi aktivitas agar siswa menguasai materi yang sedang dipelajari.
o.    Ayo bermain. Yang berisi permainan yang menarik dan bermanfaat.
p.    Sebaiknya kamu biasakan. Yang berisi kesimpulan sikap yang dapat dibiasakan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
q.    Rangkuman. Yang berisi kesimpulan secara menyeluruh menganai pengetahuan dari bab yang bersangkutan.
r.     Uji kompetensi. Yang berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi.
s.     Aktivitasmu. Berisi aktivitas yang dapat dilakukan siswa dalam menguji kemampuan.
t.      Latihan ulangan umum semester. Berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi dalam satu semester.
u.    Daftar pustaka. Berisi daftar buku-buku acuan yang digunakan.
v.    Adanya Glosarium.berisi kata-kata sulit berserta artinya.
w.   Indeks. Merupakan kata-kata penting serta halaman kemunculannya.

7.    Kelebihan Buku:
a.    Desain sampul buku:
Adanya gambar orang-orang berpakaian adat Indonesia dan memegang bendera merah putih.
b.    Ada identitas buku
 yang meliputi: sampul buku, nama-nama penyusun buku dan penerbit, kata sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan, kata pengantar yang ditulis oleh penulis.
c.    Adanya kata sambutan, kata pengantar,pendahuluan.
d.    Adanya petunjuk pengguanaan buku. yang berisi aspek-aspek di buku tersebut.
e.     Adanya daftar isi
Yang menjelaskan materi apa saja yang akan dibahas.
f.     Di awal Bab terdapat tujuan pembelajaran. Yang merupakan tujuan awal yang akan diraih siswa setelah mempelajari materi tersebut.
g.    Adanya peta konsep berisi garis besar isi bab.
h.    Kata kunci yang merupakan kata-kata yang menjadi kunci konsep Bab-bab tesebut.
i.      Terdapat renungan yang merupakan persepsi atau pengantar memasuki materi dalam bab tersebut. Renungan membuat siswa mengenal secara dekat materi yang akan dipelajari.
j.      Ilustrasi yang merupakan gambar yang akan mempermudah siswa dalam memahami materi.
k.    Ayo bernyanyi berisi lagu-lagu yang dapat dinyanyikan yang berhubungan dengan materi yang dipelajari.
l.      Sekilas info yang berisi informasi terbaru berkaitan dengan materi.
m.   Jago berfikir. Berisi masalah-masalah  yang akan melatih siswa untuk memecahkannya.
n.    Jago berlatih. Yang berisi aktivitas agar siswa menguasai materi yang sedang dipelajari.
o.    Ayo bermain. Yang berisi permainan yang menarik dan bermanfaat.
p.    Sebaiknya kamu biasakan. Yang berisi kesimpulan sikap yang dapat dibiasakan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
q.    Rangkuman. Yang berisi kesimpulan secara menyeluruh menganai pengetahuan dari bab yang bersangkutan.
r.     Uji kompetensi. Yang berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi.
s.     Aktivitasmu. Berisi aktivitas yang dapat dilakukan siswa dalam menguji kemampuan.
t.      Latihan ulangan umum semester. Berisi soal-soal yang dapat dikerjakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi dalam satu semester.
u.    Daftar pustaka. Berisi daftar buku-buku acuan yang digunakan.
v.    Adanya Glosarium.berisi kata-kata sulit berserta artinya.
w.   Indeks. Merupakan kata-kata penting serta halaman kemunculannya.
x.    Buku berwarna Full colour, banyak gambar-gambar yang menarik.
8.    Kelemahan Buku
a.    Tidak terdapat standar kompetensi.
b.    Tidak adanya kompetensi dasar.
c.    Sampul buku warna terlalu monoton.
B.    Perbandingan Antara Kedua Buku
            Sebagai calon guru SD ada baiknya memilih atau menyeleksi terlebih dahulu buku yang akan digunakan untuk mengajar disesuaikan dengan standar kompentensi dan kompetensi dasar yang berlaku. Sehingga kita dapat terhindar dari buku yang tidak layak sebagai sumber pembelajaran.
            Hasil analisis dari buku pertama secara keseluruhan dari sampul depan sangat menarik karena terdapat gambar-gambar aktivitas siswa dan menggunakan warna yang full colour. Kelemahan buku pertama lebih banyak dibandingkan dengan buku kedua. Misalnya: tidak terdapat cara penggunaan buku, tidak adanya rubrik- rubrik yang menarik.
            Hasil analisis buku kedua materi lebih lengkap dari buku pertama, terdapat aneka ragam rubrik dan disertai ilustrasi yang menarik. Disertai cara penggunaan buku. kelemahan buku kedua terdapat pada sampul buku karena cenderung tidak menarik dan monoton. Warna gambar hanya didominasi warna orange.



BAB III
KESIMPULAN
Hasil analisis dari buku pertama secara keseluruhan dari sampul depan sangat menarik karena terdapat gambar-gambar aktivitas siswa dan menggunakan warna yang full colour. Kelemahan buku pertama lebih banyak dibandingkan dengan buku kedua. Misalnya: tidak terdapat cara penggunaan buku, tidak adanya rubrik- rubrik yang menarik.
            Hasil analisis buku kedua materi lebih lengkap dari buku pertama, terdapat aneka ragam rubrik dan disertai ilustrasi yang menarik. Disertai cara penggunaan buku. kelemahan buku kedua terdapat pada sampul buku karena cenderung tidak menarik dan monoton. Warna gambar hanya didominasi warna orange.
SARAN
Sebagai calon guru SD ada baiknya memilih atau menyeleksi terlebih dahulu buku yang akan digunakan untuk mengajar disesuaikan dengan standar kompentensi dan kompetensi dasar yang berlaku. Sehingga kita dapat terhindar dari buku yang tidak layak sebagai sumber pembelajaran.

2 komentar:

  1. Makasih Mbak atas review dan komparasinya. Sekedar klarifikasi, term SK dan KD kami sederhanakan menjadi tujuan pembelajaran, jadi bukan tidak ada. Thanks.

    Halili,
    Penulis buku tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas komentar yang diberikan dari Saudara Halili, menjadi periksa untuk Saya.

      Hapus